1

Memberi Menimbulkan Kebahagiaan Terhadap Diri

Monday, May 18, 2020
Share this Article on :




Assalamualaikum teman teman dalam tulisan kali ini mimin mau membuka fikiran teman-teman bahwa memberi itu menyenangkan dan menimbulkan kebahagiaan, memang sebagian orang ketika dia memberi tidak datang hal yang membuatnya merasa bahagia. Pesan mimin untuk orang seperti itu cobalah untuk ikhlas saat memberi karena jika kamu tidak iklas atau memberi hanya karena ingin dilihat, kebahagiaan yang dihasilkan tidak akan betahan lama. Kebahagiaannya hanya datang saat kamu dilihat orang, sementara jika sudah berlalu kamu akan memikirkan hal hal yang kamu beri tadi dan berkata “Andai tadi aku tidak memberikannya”. 

David Myers, penulis buku The Pursuit of Happiness mengatakan bahwa untuk meningkatkan kebahagiaan, salah satu dengan memfokuskan perhatian untuk hal-hal di luar diri kita, dengan menggapai orang-orang yang membutuhkan.

Perlu di garis bawahi teman-teman pembaca blog’haztak bahwa memberi itu tidak harus dalam bentuk uang, memberi itu begitu bervariasi jenisnya karena orang yang akan kita beri tidak semuanya membutuhkan uang sebagai contohnya, teman kita lagi sedih karena nilai ujiannya buruk, nah sebagai teman yang baik kita bisa membantunya dengan belajar bersama sembari memberinya motivasi. Ini adalah bentuk memberi perhatian(nonmateri), mungkin kecil tapi sangat berarti bagi yang membutuhkan hal tersebut. Jadi teman teman jangan berfikiran bahwa haruslah dengan uang barulah kita bisa dikatakan memberi. Karena orang yang membutuhkan pemberiaan tidak melulu harus berbicara tentang uang/materi. 

Menurut Daisy Indira Yasmin, M.soc.Sci memberi dapat memberikan efek bahagia, memberi juga menggambarkan si pemberi dapat berperan bagi orang lain. Apalagi, jika persoalan dapat teratasi, dan jika orang yang dibantu dapat keluar dari masalah. Pernyataan senada di sampaikan Supriyanto, S.Psi.,M.Si., bahwa selain dapat meringankan masalah yang dihadapi orang lain, memberi dan berbagi juga dapat meningkatkan kepedulian dalam diri, menajamkan kepekaan terhadap kesulitan orang lain, melatih empati, dan memperkuat kemampuan bersosialisasi. Saya sangat setuju dengan ibu daisy dan pak supriyanto bahwasanya saat kita memberi dan membuat orang yang diberi merasa terbantu dan tertolong, maka saat itu juga feedbacknya akan kembali ke diri sendiri. Selain membuat kita bahagia juga melatih empati dan kemapuan bersosialisasi kita teman-teman, jadi tidak ada alasan untuk teman-teman untuk tidak memberi walau sekecil apapun pemberian itu. Sama halnya saat mimin menulis artikel ini yang tujuannya untuk memberi motivasi kepada teman-teman pembaca, ini adalah salah satu bentuk pemberiaan kecil mimin kepada kalian dan mimin merasa bahagia bisa menulis artikel ini yang nantinya akan membuat teman teman terbuka fikirannya.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam makalah berjudul "Feeling Good about Giving: The Benefits (and Costs) of Self-interested Charitable Behavior" juga memberi pnenjelasan bahwa memberi ternyata mengaktivasi bagian otak yang berhubungan dengan kesenangan dan reward. Mereka yang bekerja sebagai sukarelawan juga terbukti memiliki tingkat kepuasan hidup tinggi dan level kecemasan yang rendah. 

Bahkan, memiliki komitmen untuk melakukan kebaikan yang sederhana sudah membuat orang merasa bahagia. Sebagai contoh kecil, membantu mama menyiapkan makanan, menyapu taman rumah. Tentunya harus dilakukan dengan iklas ya teman-teman hehe. studi tersebut menyimpulkan bahwa memberi menimbulkan kebahagiaan terhadap diri 


jadi cobalah untuk memberi agar dapat merasakan kebahagiaan yang di maksud ya teman-teman.



Daftar pustaka 



David myers, The Pursuit of Happiness 

Daisy Indira Yasmin, M.soc.Sci 

Supriyanto, S.Psi.,M.Si. 

Hastak 

Makalah "Feeling Good about Giving: The Benefits (and Costs) of Self-interested Charitable Behavior"


Artikel Terkait:

1 comments:

michelle said...


Numpang promo ya Admin^^
ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
- Telkomsel
- XL axiata
- OVO
- DANA
segera DAFTAR di WWW.IONPK.CLUB :-*
add Whatshapp : +85515373217 ^_~

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Sopan ...Tombol G+1 nya di klik yah ada di dekat judul paling atas Makasih

Review http://haztak21.blogspot.com/ on alexa.com