4

Humanisme

Sunday, May 17, 2020
Share this Article on :

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  Humanisme berasal dari kata latin, yaitu humanis; berarti Manusia dan isme; berarti Paham atau Aliran. Secara sederhana humanisme dapat di artikan sebagai pemikiran filsafat yang sangat menghargai kapasitas Manusia dalam mengukur dan menentukan konsep kebenaran, kebaikan, dan keindahan dalam hidup ini. Jika di tarik jauh ke belakang, benih pemikiran ini sudah di rintis oleh pemikir Yunani yaitu socrates (339 SM).

Dalam dunia Politik, Moral dan Sosial, humanisme sangat menjunjung tinggi dan membela Hak-hak individu atau pribadi. Kemerdekaan (freedom, liberty) merupakan hak dan kekayaan termahal setiap individu yang mesti di hargai dan di lindungi oleh hukum. 

Humanisme memiliki pandangan bahwa yang paling tau mengenai benar dan salah adalah dirinya sendiri. Maka dari itu, humanisme juga dapat di katakan sebagai pelopor filsafat rasionalisme dan individualisme. 

Adapun yang perlu kita bedakan antara Individualisme dan Egoisme. Keunggulan nalar, rasa seni dan kesadaran moral menjadi rujukan utama dalam menata kehidupan, tanpa membutuhkan campur tangan tuhan. Mereka percaya terhadap nalar universal, meskipun proses pencapaiannya tidak pernah berhenti, sebagaimana di tunjukkan terhadap penalaran empiris dalam bidang sains dan teknologi yang terus menerus mengembangkan risetnya. 

Di Barat, humanisme merupakan saudara kandung sekularisme. Salah satu prestasi yang menonjol dari ideologi ini yaitu secara sangat serius mengelolah kehidupan sosial dan lingkungan untuk kebahagiaan hidup "today and here" tidak perlu menunggu, atau bahkan tidak percaya dengan janji surga setelah kematian. Jika orang berbuat kejahatan sosial maka hukumannya pada hari itu juga yang berdasarkan kaidah hukum rasional.

Konsep di atas berbeda dengan paham humanisme religius. Dalam tradisi Islam misalnya, diyakini bahwa dalam diri manusia terdapat unsur lahut dan nasut. Ada jiwa ilahi dan jiwa insani. Al-Qur'an menyebutkan bahwa manusia  adalah ciptaan yang paling sempurna dari mahluk lainnya, sebagaimana yang Allah Swt firmankan dalam surah At-tin ayat 4 :

"Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya"


Di tiupkan dalam jasadnya roh ilahi, sehingga manusia memiliki potensi sifat-sifat ilahi. 

Maka dari itu, tanpa campur tangan tuhanpun manusia dapat membangun peradaban yang hebat, Karena hanya manusia yang bisa menampung dan meniru sedikit dari kehebatan tuhan. Dalam diri manusia terdapat roh ilahi yang mampu menangkap cahaya kebenaran dan kebaikan Tuhan yang kemudian di aktualisasikan dalam sisi kemanusiaannya. Jadi, paham humanisme dalam tradisi Agama-agama besar Dunia bukanlah humanisme sekularistik yang menolak peran tuhan dalam diri manusia.

Di katakan demikian, orang yang jatuh cinta dan dirinya terasa bermakna bagi orang lain maka sel-selnya akan lebih aktif. Dari sudut pandang ilmiah sekuler, tentu saja semua itu tak lebih dari kinerja fisik yang terkait dengan hukum Alam dan medan energi yang berada di Alam semesta ini. Tetapi bagi orang yang beriman, dalam dirinya terdapat sajak-sajak dan ayat tuhan sebagai penunjuk jalan bagi orang yang ingin merenung untuk melakukan Leap of Faith. erupakan sebuah loncatan iman, ketika nalar mentok tak berdaya.

Terimakasih untuk pembaca yang telah menyisihkan waktunya untuk mapir di blog saya, jika ada tanggapan silahkan memberikan komentar dan jangan lupa berkunjung kembali.



Artikel Terkait:

4 comments:

Febi said...

mksih kak hehe

Penjelajah_Mars said...

Jangan lupa berkunjung ke www.dialektikasenja.xyz

Penjelajah_Mars said...

www.dialektikasenja.xyz

michelle said...


Izin promo ya Admin^^
bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
add Whatshapp : +85515373217 ^_~

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Sopan ...Tombol G+1 nya di klik yah ada di dekat judul paling atas Makasih

Review http://haztak21.blogspot.com/ on alexa.com