ANDA para peselancar dunia maya yang sering berjelajah dari situs satu ke situs lainnya pasti takkan lupa untuk nongkrong atau paling tidak sekedar mampir ke salah satu situs yang lagi meroket saat ini. Situs apa itu? Ya, tentu saja situs facebook! Saat ini siapa yang tidak mengenalnya? Bisa dipastikan orang yang melek huruf dan pernah berinternet pasti mengetahui situs yang satu ini. Bahkan mereka yang dulunya hanya berinternet untuk sekedar membuka email kini pun mulai betah berlama-lama di depan komputer untuk mengulak-ngulik akun Facebook-nya
.
Data berbicara saat ini ada sekitar 175 juta profil aktif di
situs Facebook dan setiap profil rata-rata memiliki 120 teman. Durasi
pengaksesan profil berjumlah sekitar 3 miliar menit/hari dan lebih dari 18 juta
pengguna meng-update profilnya setiap hari [data lengkap]. Lebih lanjut,
menurut penelitian yang dilakukan oleh Student Monitor, Facebook termasuk dalam
jajaran benda/hal kedua yang diingini oleh para pelajar/mahasiswa di AS
setelahIpod.
Tapi tahukah anda bahwa Facebook dulunya hanya sebuah situs eksklusif
yang dikhususkan untuk anak-anak kampus Harvard saja? Lalu tahukah anda
ternyata si pencipta situs ini pernah digugat di pengadilan atas tuduhan
penjiplakan hak intelektual dan source code dari perusahaan lain? Selain itu
benarkah Facebookmemiliki situs kembaran?
So, bagi yang tertarik lanjut mengetahui seluk beluk
facebook lebih dalam berikut akan dipaparkan secuil kisah sejarahnya.
Facebook termasuk dalam kategori situs jejaring sosial
seperti Friendster, MySpace,Multiply, Yuwie, dll yang menyediakan media bagi
para penggunanya untuk saling bertukar informasi dan berinteraksi.
Facebookdiluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2006 oleh seorang
mahasiswa Harvard University, Mark Zuckerberg. Nama Facebook sendiri
diinspirasi oleh Zuckerberg dari sebuah istilah di kalangan kampus seantero AS
untuk saling mengenal antar sesama civitas akademiknya. Awalnya para
penggunanya hanya dikhususkan bagi para mahasiswa di kampus Harvard University.
Lalu kemudian diperluas ke sejumlah kampus di wilayah Boston (Boston College,
Boston University, Northeastern University, Tufts University) dan kampus-kampus
lainnya seperti Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, and Ivy League.
Menyusul kemudian sejumlah kampus lain di AS. Akhirnya, penggunanya lebih diperluas
lagi ke sejumlah kampus lain di seluruh dunia. Tanggal 11 September 2006,
Facebook membuat satu langkah penting dengan mengizinkan aksesnya ke seluruh
netter yang mempunyai alamat email valid, namun, dengan pembatasan usia.
Sejarah dan Perkembangan
Asal mula Facebook berawal ketika Mark Zuckerberg (saat itu
mahasiswa semester II Harvard University) membuat sebuah situs kontak jodoh
untuk rekan-rekan kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or Not
menamai situs buatannya Facemash.com. Metode situs ini yaitu menampilkan dua
foto pasangan (pria dan wanita), di mana selanjutnya dua pasangan ini akan
dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang paling “hot”. Nah, untuk
menampilkan foto-foto pasangan di situs ini, Zuckerberg berupaya dengan segala
cara mencari foto-foto rekannya dengan cara keliling ‘door-to-door’ untuk
meminta foto.1
Saking nekatnya, Zuckerberg membobol akses jaringan komputer
kampusnya untuk mendapatkan foto-foto tambahan. Namun aksi ini diketahui pihak
kampus dan mereka selanjutnya memblokir situs Facemash.com diikuti dengan
tindakan sanksi kepada Zuckerberg dengan ancaman akan memecatnya dari kampus
(walaupun ancaman ini tidak jadi direalisasikan). Atas tindakannya itu,
Zuckerberg membela diri dengan mengatakan “Tindakan pihak kampus yang memblokir
situs facemash.com memang benar alasannya, namun sayang mereka tidak menyadari
potensinya yang bisa saja menjadi alat pendongkrak popularitas bagi kampus itu
sendiri”. Ia melanjutkan “Cepat atau lambat, nanti juga akan ada orang lain
yang membuat situs serupa”.
2004
Tidak kapok, pada semester berikutnya, tepatnya pada tanggal
4 Februari 2004, Zuckerberg membuat sebuah situs baru bernama “The Facebook”
yang beralamat URL: http://www.thefacebook.com. Untuk situs barunya ini,
Zuckerberg berkomentar sarkas: “Menurutku upaya pihak kampus yang ingin membuat
media pertukaran informasi antar civitas akademik yang butuh waktu
bertahun-tahun adalah hal yang konyol. Dengan situsku ini, aku bisa
mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu saja”.2
Saat pertama kali diluncurkan “The Facebook” hanya terbatas
di kalangan kampus Harvard saja. Dan sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu
bulan para penggunanya sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa
Harvard saat itu. Selanjutnya, sejumlah rekan Zuckerberg turut bergabung
memperkuat timthefacebook.com. Mereka adalah Eduardo Saverin (analis usaha),
Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum (desainer grafis), dan Chris
Hughes.
Bulan maret 2004, thefacebook.com mulai merambah ke beberapa
kampus lain di kota Boston, AS dan juga ke sejumlah kampus ternama seperti
Stanford, Columbia, Yale, dan Ivy League. Tak butuh waktu lama, situs ini telah
tersebar penggunaannya di hampir semua kampus di AS dan Kanada. Bulan Juni
2004, Zuckerberg, McCollum dan Moskovitz memindahkan markas ke Palo Alto,
California. Di sini mereka turut dibantu juga oleh Adam D'Angelo dan Sean
Parker.
Pertengahan 2004, thefacebook.com mendapat investasi
pertamanya dari salah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel.
2005
Bulan Mei 2005, thefacebook.com mendapat suntikan dana segar
hasil join venture dengan Accel Partners. Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook
secara resmi membeli nama domain mereka dari Aboutface.com seharga USD 200.000
dan sejak saat itu penggalan frase “the” tidak dipakai lagi sehingga nama
mereka resmi menjadi facebook.com.
Pada tahun 2005 ini juga, facebook telah memperluas
jangkauan pengguna ke kalangan pelajar SMA. Masih di tahun yang sama, sejumlah
universitas di Meksiko, Inggris Raya, Australia dan Selandia Baru juga sudah
bisa menikmati jaringan Facebook.
2006
Awal tahun 2006, Facebook diisukan akan diakuisisi oleh
sebuah perusahaan dengan harga USD 750 juta, bahkan tawarannya melonjak hingga
USD 2 miliar. Namun kabar ini tak terbukti. Pada bulan April 2006, Facebook
mendapat suntikan dana segar USD 25 juta hasil investasi dari Peter Thiel,
Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners. Bulan Mei tahun yang sama
Facebook mulai merambah benua Asia melalui India. Di pertengahan tahun, gilliran
Israel dan Jerman. Akhirnya pada 11 September 2006, Facebook merubah status
registrasinya menjadi “free to join” bagi semua pemilik alamat email valid di
seluruh dunia.
2007
Bulan September 2007, Microsoft mengumumkan telah membeli
1,6% saham Facebook senilai USD 15 miliar. Dalam pengambilan saham ini juga
tercakup kesepakatan bahwaMicrosoft memiliki hak untuk memasang iklan mereka di
Facebook. Melihat langkah ini sejumlah pemain raksasa lain seperti Google,
Viacom, Friendster juga mengungkapkanminat mereka untuk berinvestasi di
Facebook. Sebelumnya di tahun 2006, Yahoo! telah menawarkan tawaran akuisisi
senilai USD 1 miliar. November 2007, seorang miliuner Hongkong Li Ka-shing
menanam investasi senilai USD 60 juta di Facebook.
2008
Pada Agustus 2008, majalah Business Week melaporkan sejumlah
pihak lain telah ikut menanamkan saham di Facebook sehingga diperkirakan nilai
Facebook berkisar antara USD 3.75 miliar sampai USD 5 miliar
Situasi Situs
Pengguna Facebook kini dapat bebas bergabung ke banyak
jaringan yang diatur berdasarkan kota, lokasi kerja, sekolah maupun negara.
Jaringan-jaringan ini kemudian akan menghubungkan para anggotanya. Sesama
pengguna dapat berhubungan dengan teman-temannya dan bisa saling melihat isi
profil pribadi.
Situs Facebook mendapatkan pemasukan utama dari iklan-iklan
yang terpasang padanya. Para pengguna bebas membuat profilnya masing-masing
yang di dalamnya bisa berisi foto dan info-info pribadi lainnya. Selain itu
dapat juga saling mengirim pesan, bergabung dengan sebuah grup atau lebih.
Secara default, Facebookmengatur profil pengguna hanya bisa diakses oleh sesama
pengguna yang telah berteman. Namun pengaturan ini bisa nanti dirubah jika
diinginkan.
Microsoft adalah mitra eksklusif Facebook dalam menayangkan
iklan-iklan banner. Inilah sebabnya mengapa Facebook hanya menayang iklan-iklan
yang termuat dalam jaringannya Microsoft. Menurut comScore (situs periset
internet marketing) saat ini Facebook mengumpul data pengguna sebanyak yang
dikumpulkan oleh Google dan Microsoft.
Dalam hal tampilan, Facebook sering dibanding-bandingkan
dengan MySpace danFriendster. Namun perbedaaan utama antara mereka ialah
MySpace dan Friendster mengizinkan pengguna mendekorasi tampilan profilnya
dengan fitur HTML dan CSS, sedangkan Facebook hanya mengizinkan fitur teks saja
sehingga semua tampilan profil pengguna terlihat seragam.
Fitur
Facebook memiliki sejumlah fitur interaksi antar sesama
pengguna yang di antaranya adalah fitur ‘Wall/Dinding’, ruang tempat sesama
pengguna mengirimkan pesan-pesan terbuka, ‘Poke/Colek’, sarana untuk saling
mencolek secara virtual, ‘Photos/Foto’ ruang untuk memasang foto, dan ‘Status’
yang menampilkan kondisi/ide terkini pengguna. Mulai Juli 2007, Facebook
mengizinkan pengguna untuk mengirim berbagai lampiran (tautan, aplikasi, dsb)
langsung ke Wall/Dinding, di mana sebelumnya yang diizinkan hanya teks
saja.
Seiring perjalanan waktu, Facebook menambahkan beberapa
fitur baru ke dalam situsnya. Pada September 2006, Facebook mengumumkan
peluncuran News Feed/Rangkaian Kabar Berita yang berisi kilasan informasi dari
masing-masing pengguna. Mulanya fitur ini bersifat terbuka dan bisa dilihat
oleh siapa saja. Namun setelah mendapat keluhan dari beberapa pengguna, pihak
Facebook merubah pengaturan fitur ini sehingga kini pengguna dapat mengatur
mana yang bisa ditampilkan di News Feed/Rangkaian Kabar Berita dan mana yang
tidak.
Fitur Catatan/Notes ditambahkan pada 22 Agustus 2006. Dalam
fitur ini pengguna bisa mengimpor tulisannya di blog lain (Xanga, LiveJournal,
Blogger, dll) untuk ditampilkan di Facebook. Tanggal 7 April 2008, Facebook
meluncurkan salah satu fitur favorit yaitu ‘Chat/Obrolan’, tempat di mana para
pengguna bisa saling berkirim pesan pribadi secara langsung dan real
time.
Fitur ‘Gifts/Hadiah’ dimulai pada 8 Februari 2007. Fitur ini
adalah fitur untuk saling berkirim hadiah. ‘Hadiah’ bisa dibeli dengan harga
USD 1 dan ditambahkan pesan pribadi. Tanggal 14 Mei 2007, Facebook
memperkenalkan ‘Marketplace’ yang mengizinkan pengguna untuk beriklan secara
gratis. Fitur beriklan gratis ini dibuat untuk menyaingi fitur serupa yang
diperkenalkan oleh Craiglist.
Juli 2008, Facebook merapikan tampilan situs sehingga setiap
kategori (dinding, info, foto, dll) memiliki tab-tab terpisah. Mulai Maret
2009, Facebook merapikan tampilan “Home/Beranda”.
Platform
Pada 24 Mei 2007, Facebook mempromosikan Facebook Platform.
Ini adalah sarana bagi para pengembang software untuk menciptakan aplikasi yang
bisa digunakan di Facebook. Langkah ini segera disambut oleh para pengembang
software sehingga sampai 25 Maret 2009 tercatat ada 52.000 aplikasi dengan
jumlah pengembang sebanyak 660.000 pihak.
Perkembangan Negatif
Pada Desember 2008, Mahkamah Agung Australia memutuskan
menggunakan data-data pengguna Facebook sebagai salah satu dasar dalam
penentuan putusan perkara.
Universitas New Mexico pada Oktober 2005 memblokir akses
Facebook dalam jaringannya dengan dalih situs Facebook bukan merupakan situs
penunjang kampus. Pemerintah Provinsi Ontario, Kanada juga memblokir akses
Facebook dengan alasan yang hampir serupa.
Beberapa negara sampai saat ini masih melarang akses
Facebook ke warga negaranya. Pemerintah Syria melarang akses Facebook dengan
alasan situs ini akan dimanfaatkan oleh Israel untuk meluaskan pengaruhnya.
Pemerintah Iran juga memblokir Facebook karena khawatir media ini akan
digunakan pihak oposisi untuk menggalang jaringannya.
Pada 5 Februari 2008, seorang warga negara Maroko, Fouad
Mourtada, ditahan oleh kepolisian setempat karena membuat profil palsu atas
nama Pangeran Moulay Rachid yang merupakan salah satu anggota keluarga Kerajaan
Maroko.
Sejumlah pengguna yang ingin keluar dari jaringan Facebook
mengeluh kesulitan dalam menghapus profilnya. Hal ini terjadi karena sebelumnya
Facebook hanya mengizinkan pengguna untuk sekedar deaktivasi saja sedangkan
data-data pribadi tetap tersimpan dalam server Facebook. Kebijakan ini banyak
dikritik oleh para pengguna yang ingin benar-benar menghapus seluruh datanya.
Menanggapinya, pihak Facebook kemudian merubah kebijakan pada 29 Februari 2008
sehingga sejak saat itu pengguna yang ingin keluar dapat meminta data-data
pribadinya untuk dihapus sama sekali dari jaringan Facebook.
Pada 2004, ConnectU, sebuah situs yang mirip dengan
Facebook, membuat tuntutan hukum kepada Zuckerberg atas tuduhan penjiplakan ide
kreatif dan source code. Para pendiri ConnectU (Divya Narendra, Cameron
Winklevoss dan Tyler Winklevoss) yang merupakan rekan sekelas Zuckerberg di
Harvard beranggapan bahwa konsep dasar Facebook adalah ide mereka dan
Zuckerberg hanyalah orang yang disewa untuk mendesainnya.
Seorang warga negara Kanada, Adam Guerbuez, pernah
memanfaatkan situs Facebook untuk mengiklankan produk pembesaran penis dan
penggunaan mariyuana. Pihak Facebook kemudian menggugat Guerbuez di pengadilan
setempat dan memenangi gugatan itu.
Pada 24 Juli 2008, Grant Raphael, seorang warga Inggris
diseret ke meja hijau atas tuduhan membuat profil palsu yang isinya menghujat
mantan rekan bisnisnya, Mattew Firsht, sebagai seorang homoseksual.
Pesepakbola tenar Italia, Alessandro Del Piero menggugat
Facebook pada 9 Februari 2009 karena memuat profil palsu dirinya yang berisi
tautan-tautan ke berbagai situs propaganda Nazi. Del Piero kemudian menyatakan
bahwa ia bukan pendukung Nazi dan sama sekali tidak pernah memiliki akun apapun
di Facebook.
Kondisi Terkini
Terlepas dari berbagai kontroversi di atas tak bisa
dipungkiri bahwa demam Facebooksedang mewabah di seluruh dunia. Jadi kini
tergantung anda sendiri memanfaatkan Facebook untuk tujuan apa dengan
mempertimbangkan resiko-resiko yang menyertainya.
Apapun itu, saat ini menurut comScore Facebook adalah situs
jejaring sosial terkemuka di dunia mengalahkan MySpace dan menurut Alexa untuk
peringkat global berada di peringkat kelima, hanya kalah dari Google,
Yahoo,Youtube dan Live. Sedangkan penghargaan yang pernah diterima adalah
"Top 100 Classic Websites" tahun 2007 dari PC Magazine dan
"People's Voice Award" tahun 2008 dari Webby Awards.
Konsep Facebook kini juga banyak dijiplak di beberapa negara
yang di antaranya adalah: StudiVZ — yang memiliki versi-versi bahasa:
Jerman: studiVZ.de
Perancis: studiQG.fr
Italia: studiLN.it
Spanyol: estudiLN.es
Polandia: studentIX.pl
Hungaria: iwiw.hu
Selain StudiVZ, ada juga:
Australia: studentface.com.au
China: xiaonei.com
Russia: vkontakte.ru
America Selatan: unibicate.com
Turki: studentSN.com, unihayat.com, youniTR
Esperanto: Amikumu.com.
Sekilas Data
Perusahaan:
|
Perseroan
|
Didirikan:
|
Cambridge, Massachusetts (4 Februari 2004)
|
Kantor Pusat:
|
Palo Alto, California & Dublin, Irlandia (Kantor
Pusat Internasional untuk Eropa, Afrika, dan Timur Tengah)
|
Tokoh Kunci:
|
Mark Zuckerberg (Pendiri
dan CEO), Dustin Moskovitz (Co-founder),Sheryl Sandberg (COO), Matt Cohler
(VP of Product Management), Chris Hughes (Co-founder)
|
Pendapatan:
|
USD 300 juta (2008)
|
Karyawan:
|
700 (November 2008)
|
Situs web:
|
www.facebook.com
|
Versi Bahasa:
|
Afrika, Arab, Bengali, Bulgaria, Catalan, China, China
(Hong Kong), China (Taiwan), Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Inggris
(American), Inggris (British), Filipino, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani,
Ibrani, Hungaria, Indonesia, Irlandia, Italia, Jepang, Korea, Lithuania,
Melayu, Norwegia (bokmål), Polandia, Portugal (Brazil), Portugal, Rumania,
Russia, Serbia, Slovenia, Spanyol (Castilian), Swedia, Thai, Turki, Vietnam,
Wales.
|
0 comments:
Post a Comment
Berkomentarlah Dengan Sopan ...Tombol G+1 nya di klik yah ada di dekat judul paling atas Makasih