1

Memperpanjang Usia Baterai? Bersihakan Terminal Baterai dengan Drathon 10

Selasa, 01 Oktober 2013
Share this Article on :

Baterai merupakan salah satu penghasil energi listrik yang banyak dibutuhkan karena kemudahan pemakaiannya. Aplikasinya dimanfaatkan pada berbagai peralatan, baik yang menggunakan sistem digital maupun daya listrik. Energi yang dihasilkan memang tidak banyak, sehingga membutuhkan charging atau pengisian. Dengan sistem charging ulang yang berkali-kali ini, tentunya baterai harus membutuhkan perawatan agar mampu memperpanjang isi baterai.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga kondisi baterai. Prioritas utama adalah mencegah baterai dari kemungkinan kekurangan elektrolit baterai. Kekurangan elektrolit ini akibat proses pengisian dan pengosongan, sehingga terjadi penguapan yang mengakibatkan elektrolit berkurang. Dampaknya adalah baterai menjadi panas dan menghasilkan kristalisasi pada sel-sel baterai, dan bahan aktif pada sel yang lepas. Hal ini menyebabkan efektifitas baterai menurun, dan bahan aktif yang lepas tersebut jatuh pada dasar kotak atau terselip diantara sel yang berefek pengosongan tersendiri.

Selain itu, terminal pada baterai pun bisa sering rusak akibat korosi. Terjadinya korosi disebabkan uap dari elektrolit dan panas akibat terminal yang kendor. Untuk melakukan perawatan pada kedua terminal baterai, harus secara berkala dibersihkan dan dilindungi dengan grease (pelumas), serta pengikatan terminal dikencangkan, sehingga korosi pada terminal pun dapat dicegah.

Salah satu zat pembersih yang digunakan untuk membersihkan terminal baterai akibat korosi dan jamur adalah produk ‘Drathon 10’, yaitu Battery terminal Cleaner. Pembersih ini memiliki aksi kinerja yang sangat cepat. Pada saat membersihkan pun tidak perlu memindahkan baterai. Sehingga kotoran dari luar, jamur yang diakibatkan oleh air asam, dan kotoran karena oli dan grease akan hilang, hanya dengan satu langkah. Produk Drathon ini pembersih ini tidak bersifat korosif dan tidak berbau menyengat.

Dengan pembersihan terminal baterai menggunakan ‘Drathon 10’ secara berkala akan membuat baterai selalu dalam keadaan baik dan menghasilkan energi listrik secara optimal. Meski hal ini terlihat sepele, namun sangat bermanfaat, karena itu  tidak perlu banyak mengeluarkan biaya untuk sering mengganti baterai. Hal ini sangat sesuai dengan tujuan Libratama, sebagai perusahaan pengusung produk Drathon, yaitu mengurangi biaya apa pun jika terjadi kerusakan pada mesin atau bahkan mengganti dengan yang baru.


Tidak hanya produk Drathon, Libratama yang berfokus pada pemeliharaan mesin juga mendatangkan produk lainnya seperti tank linings, kamera infrared, kompresor, battery diagnosis, ceramic coating, serta peralatan listrik seperti lampu hemat energi, steker dan stop kontak yang memiliki standar IEC (Internationl Standards and Conformity). Sehingga sangat dipercaya sebagai produk kelistrikan yang aman, dan saat dilakukan inspeksi listrik akan dijamin sebagai produk yang tidak akan menimbulkan hal-hal yang berbahaya, seperti korsleting listrik.


Artikel Terkait:

1 komentar:

Bondowoso Community mengatakan...

thx atas info.a

Poskan Komentar

Berkomentarlah Dengan Sopan ...Tombol G+1 nya di klik yah ada di dekat judul paling atas Makasih