20

Peraturan dan Pelanggaran Dalam Basket Ball

Senin, 25 Maret 2013
Share this Article on :
Assalamu alaikum ...
kali ini haztak blog ingin share tentang peraturan main basket sama pelanggaran yang ada di dalam permainan bola basket. Siapa sih yang gak tau tentang basket itu ?? kalo kita sering latihan basket kita bisa tumbuh tinggi loh ??klo kita tingga banyak cewek yang suka ama kita kwkwk dengan main basket kita juga bisa sehat ..maaf saya jarang update blog karna admin sibuk uas sama latihan basket juga tentunya . oke gak usah panjang lebar pembukanya lagsung aja nih simak yah hehehe

Aturan dasar pada permainan Bola Basket adalah sebagai berikut.1. Bola dapat dilemparkan ke segala arah dengan menggunakan salah satu atau kedua tangan.

2. Bola dapat dipukul ke segala arah dengan menggunakan salah satu atau kedua tangan, tetapi tidak boleh dipukul menggunakan kepalan tangan (meninju).

3. Pemain tidak diperbolehkan berlari sambil memegang bola. Pemain harus melemparkan bola tersebut dari titik tempat menerima bola, tetapi diperbolehkan apabila pemain tersebut berlari pada kecepatan biasa.

4. Bola harus dipegang di dalam atau diantara telapak tangan. Lengan atau anggota tubuh lainnya tidak diperbolehkan memegang bola.

5. Pemain tidak diperbolehkan menyeruduk, menahan, mendorong, memukul, atau menjegal pemain lawan dengan cara bagaimanapun. Pelanggaran pertama terhadap peraturan ini akan dihitung sebagai kesalahan, pelanggaran kedua akan diberi sanksi berupa pendiskualifikasian pemain pelanggar hingga keranjang timnya dimasuki oleh bola lawan, dan apabila pelanggaran tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mencederai lawan, maka pemain pelanggar akan dikenai hukuman tidak boleh ikut bermain sepanjang pertandingan. Pada masa ini, pergantian pemain tidak diperbolehkan.

6. Sebuah kesalahan dibuat pemain apabila memukul bola dengan kepalan tangan (meninju), melakukan pelanggaran terhadap aturan 3 dan 4, serta melanggar hal-hal yang disebutkan pada aturan 5.

7. Apabila salah satu pihak melakukan tiga kesalahan berturut-turut, maka kesalahan itu akan dihitung sebagai gol untuk lawannya (berturut-turut berarti tanpa adanya pelanggaran balik oleh lawan).

8. Gol terjadi apabila bola yang dilemparkan atau dipukul dari lapangan masuk ke dalam keranjang, dalam hal ini pemain yang menjaga keranjang tidak menyentuh atau mengganggu gol tersebut. Apabila bola terhenti di pinggir keranjang atau pemain lawan menggerakkan keranjang, maka hal tersebut tidak akan dihitung sebagai sebuah gol.

9. Apabila bola keluar lapangan pertandingan, bola akan dilemparkan kembali ke dalam dan dimainkan oleh pemain pertama yang menyentuhnya. Apabila terjadi perbedaan pendapat tentang kepemilikan bola, maka wasitlah yang akan melemparkannya ke dalam lapangan. Pelempar bola diberi waktu 5 detik untuk melemparkan bola dalam genggamannya. Apabila ia memegang lebih lama dari waktu tersebut, maka kepemilikan bola akan berpindah. Apabila salah satu pihak melakukan hal yang dapat menunda pertandingan, maka wasit dapat memberi mereka sebuah peringatan pelanggaran.

10. Wasit berhak untuk memperhatikan permainan para pemain dan mencatat jumlah pelanggaran dan memberi tahu wasit pembantu apabila terjadi pelanggaran berturut-turut. Wasit memiliki hak penuh untuk mendiskualifikasi pemain yang melakukan pelanggaran sesuai dengan yang tercantum dalam aturan 5.

11. Wasit pembantu memperhatikan bola dan mengambil keputusan apabila bola dianggap telah keluar lapangan, pergantian kepemilikan bola, serta menghitung waktu. Wasit pembantu berhak menentukan sah tidaknya suatu gol dan menghitung jumlah gol yang terjadi.

12. Waktu pertandingan adalah 4 quarter masing-masing 10 menit

13. Pihak yang berhasil memasukkan gol terbanyak akan dinyatakan sebagai pemenang

Pelanggaran dalam basket

1. Foul --> melanggar pemain lawan dgn reaching atau posisi defence yg salah.

2. Travelling --> tidak mendribble bola dlm 3 langkah saat lari maupun berjalan

3. Offensive Foul --> saat kita menabrak lawan yg dalam posisi hands up / charge yg benar, saat kita melakukan ilegal pick

4. Foul out --> keadaan dimana seorang pemain telah melakukan 5 kali foul biasa (FIBA), 6 kali foul (NBA).atau telah melakukan technical foul 2 kali dalam 1 kali pertandingan.maka pemain yang terkena foul out harus keluar dari lap pertandingan.

5. Double Dribble --> dimana saat bola dalam keadaan mati kamu kembali mendrible bola

6. Technical Foul --> pelanggaran yang berhubungan dengan peraturan pertandingan secara teknis seperti seseorang memprotes wasit terus-menerus dgn kasar,tidak menghargai wasit, mengeluarkan kata" kotor, melakukan kekerasan pada lawan, bench melakukan hal" yg tidak seharusnya, memaki , dll

7. Three Seconds Violation --> pelanggaran yang diberikan apabila seorang pemain berada di area tembakan bebas ( key area ) selama 3 detik

8. Offensive 3 second --> pelanggaran karena diam di post/area tim lawan selama 3 detik pada saat lawan defense. Bola berpindah ke pihak lawan

9. Deffensive 3 second --> pelanggaran karena diam di area tim sendiri selama 3 detik pada saat lawan melakukan offense. Lawan diijinkan melakukan 1 throw-in.

10. 30-second violation <sekarang 24-second violation> --> pelanggaran pemain tim A tidak melakukan shoot/lay-up/dunk ke ring lawan melewati batas waktu 30 detik <sekarang jadi 24 detik>. Bola berpindah ke pihak Tim B

11. Peraturan 10-second violation <sekarang jadi 8-second violation> --> Pemain Tim A tidak keluar dari posisi defense<setengah lapangan tim A> selama 10 detik<sekarang jadi 8 detik> setelah bola dipegang oleh pemain tim A yang lain yang melakukan offense dan sedang berada di area tim B <setengah lapangan tim B>. Bola kemudian beralih ke tim B

12. Back Ball / Back Court --> pelanggaran karena pemain yang membawa bola kembali ke daerah pertahanan setelah melewati garis tengah.

13. Blocking Foul --> pelanggaran karena melakukan pelanggaran keras ketika menghalangi pemain lawan

14. Team Foul --> pelanggaran dalam satu tim per babaknya. Apabila sudah mencapai 5 point maka akan diberikan free throw pada lawan..

15. Personal Foul --> pelanggaran perorangan max 4 x foul kalau sudah 5x maka akan dikenai foul out

16. Pushing --> pelanggaran karena mendorong lawan main

17.jumping, yaitu pelanggaran ketika pemain akan melakukan tembakan sambil melakukan lompatan, tapi kemudian tidak jadi melakukan tembakan

18.shot clock violation, yaitu pelanggaran ketika melakukan serangan lebih dari 24 detik (NBA) atau 30 detik (FIBA) sebelum bola menyentuh ring....


Nahh dah taukan Peraturan dan Pelanggaran dallam basket ?? nah maka dari itu jangan melanggar lagi biar gak di ketawain kwkwkwkw


Artikel Terkait:

20 komentar:

Boy Hilman mengatakan...

wah baru tau peraturannya banyak :D

Visit us : http://student-brains.blogspot.com

@Haztak mengatakan...

iya ....

Vicio rizky mengatakan...

jump ball ad gk? komen back y

@Haztak mengatakan...

blum di share mas bro ..

pebriscreamo mengatakan...

main basket cukup ruwet juga ya gan :)

kunbal dan komen back, di gubuk http://pebriscreamo.blogspot.com

@Haztak mengatakan...

oke gan

ian nak MDS mengatakan...

peraturan.ea bsket ma stret ball sma ngga gan:)

didi mengatakan...

matap juga peraturannya,,

Jual Tanah mengatakan...

Thx utk informasinya....

Anonim mengatakan...

Makasih

Hirma mengatakan...

Jump ball nggak dijelasin? Makasih

Fuyuka mengatakan...

q kira 16 pelanggaran -.-

Anonim mengatakan...

jumping pas mau ngeshoot (peraturan no .17) ga boleh ya? kan kalo orang mau fake gabisa dong? contoh : gw mau lempar gatau nya didepan ada orang mau ngesteal bola, dan gw dah terlanjur lompat tapi blom ngelempar bola, mau nya melakukan fake dari lompat pas turun lagi lgsg didribble .. itu ga boleh ya?

Anonim mengatakan...

trims infonya

Anonim mengatakan...

To anonim 9 april: gak boleh lah.. Double itu mah...

Anonim mengatakan...

Pas fake bolanyakn baru diterima, Kalau fake jangan lompat, jinjit aja.. Supaya bsa d dribble lagi.. (saran)

Muhammad Najib mengatakan...

Ribut Gak Serius Bacanya -_-

rayyan mengatakan...

kok nggk da sejarahnya sih .....

Nurlaeli Lili mengatakan...

Keyen

kagamine len mengatakan...

peraturannya kurang banyak.

mo ngesteal lawan malah kena foul, lawan kena travelling gk dikasih pelanggaran alias pura-pura gk diliat ma wasit.

Poskan Komentar

Berkomentarlah Dengan Sopan ...Tombol G+1 nya di klik yah ada di dekat judul paling atas Makasih