11

Efek Buruk Akibat Radiasi Ponsel (HP)

Senin, 25 Maret 2013
Share this Article on :
Dikutip dari DNA india, berikut ini sejumlah dampak negatif yang bisa ditimbulkan akibat radiasi yang berlebihan dari ponsel dan menara BTS:
  • Resiko kanker otak pada anak-anak dan remaja meningkat 400 persen akibat penggunaan ponsel. Makin muda usia pengguna, makin besar dampak yang ditimbulkan oleh radiasi ponsel. 
  • Bukan hanya pada anak dan remaja, pada orang dewasa radiasi ponsel juga berbahaya. Penggunaan ponsel 30 menit/hari selama 10 tahun dapat meningkatkan risiko kanker otak dan acoustic neuroma (sejenis tumor otak yang bisa menyebabkan tuli). 
  • Radiasi ponsel juga berbahaya bagi kesuburan pria. Menurut penelitian, penggunaan ponsel yang berlebihan bisa menurunkan jumlah sperma hingga 30 persen. 
  • Frekuensi radio pada ponsel bisa menyebabkan perubahan pada DNA manusia dan membentuk radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas merupakan karsinogen atau senyawa yang dapat memicu kanker. 
  • Frekuensi radio pada ponsel juga mempengaruhi kinerja alat-alat penunjang kehidupan (live saving gadget) seperti alat pacu jantung. Akibatnya bisa meningkatkan risiko kematian mendadak.
  • Sebuah penelitian membuktikan produksi homon stres kortisol meningkat pada penggunaan ponsel dalam durasi yang panjang. Peningkatan kadar stres merupakan salah satu bentuk respons penolakan tubuh terhadap hal-hal yang membahayakan kesehatan.
  • Medan elektromagnet di sekitar menara BTS dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya tubuh lebih sering mengalami reaksi alergi seperti ruam dan gatal-gatal.
  • Penggunaan ponsel lebih dari 30 menit/hari selama 4 tahun bisa memicu hilang pendengaran (tuli). Radiasi ponsel yang terus menerus bisa memicu tinnitus (telinga berdenging) dan kerusakan sel rambut yang merupakan sensor audio pada organ pendengaran.
  • Akibat pemakaian ponsel yang berlebihan, frekuensi radio yang digunakan (900 MHz, 1800 MHz and 2450 MHz) dapat meningkatkan temperatur di lapisan mata sehingga memicu kerusakan kornea.
  • Emisi dan radiasi ponsel bisa menurunkan kekebalan tubuh karena mengurangi produksi melatonin. Dalam jangka panjang, kondisi ini dapat mempengaruhi kesehatan tulang dan persendian serta memicu rematik.
  • Risiko kanker di kelenjar air ludah meningkat akibat penggunaan ponsel secara berlebihan.
  • Medan magnetik di sekitar ponsel yang menyala bisa memicu kerusakan sistem syaraf yang berdampak pada gangguan tidur. Dalam jangka panjang kerusakan itu dapat mempercepat kepikunan.
  • Medan elektromagnetik di sekitar BTS juga berdampak pada lingkungan hidup. Burung dan lebah menjadi sering mengalami disorientasi atau kehilangan arah sehingga mudah stres karena tidak bisa menemukan arah pulang menuju ke sarang. 



sebaiknya kita klo nelpon jgn lama lama sekalian nge hemat juga :v salam blog haztak


Artikel Terkait:

11 komentar:

Restu Nugroho mengatakan...

mantep postnya kawan.
untung ane gak pernah lama-lama mainan hp,
sehari gak pegang hp juga sering ane..
lebih suka online. wkwk..
nice post !!

PawankCrew Versions mengatakan...

wah ane sih yang sering di depan komputer gan
thank's ya atas kunjungannya
Salam PawankCrew Versions

@Haztak mengatakan...

thx all dan mau berpartisipasi ...

rpl-yes mengatakan...

wow harus siaga ni ama hp jaman sekarang :D

Tips Trik SEO Blogger Pemula mengatakan...

keren keren nih artikelnya..

Muhammad faisal mengatakan...

maap komen gan komenbacknya agak terlambat

Wahyu basofii mengatakan...

Wah makasih infonya, harus berhati-hati nih

dang murganto mengatakan...

duhh bahaya nya ternyata banyak,,saya dulu sering tlp2n sob,,sekarang boleh dikatakan jarang lg,,tapi ada kok cara mengatasi radiasi ponsel yaitu dg cara memakai handfree..ini mungkin bisa menghindari radiasi dari ponsel yg kita gunakan..
terkasih sobat sdh share artikel yg bermanfaat..
come back

@Haztak mengatakan...

@Rpl yoi sobtt ..
@Tips thnkz sobt
@Faisal oke sobt .
@Wahyu pastinya
@Dang oke sobt .. thanks dah mau berpartisipasi

naufal syarifuddin mengatakan...

waduh bisa sampe bahaya gitu masalahnya wah kalu ane malahan nelpon bisa sampe berjam jaman sampe hpnya panas wah bahaya juga ya ternyata kacau juga nih aduh ..... thanks atas artikelnya bermanfaat sob ....
search by google :: naufalthedarkness :::

@Haztak mengatakan...

oke sobt thanks

Poskan Komentar

Berkomentarlah Dengan Sopan ...Tombol G+1 nya di klik yah ada di dekat judul paling atas Makasih