2

Tips Menghemat semua Baterai Handphone

Rabu, 26 Desember 2012
Share this Article on :


Sangat menyebalkan bila handphone yang kita digunakan sangat boros baterai dan harus dicharge beberapa kali dalam satu hari. Hal ini mungkin sedikit ditoleransi bagi yang beraktifitas didalam ruangan, tapi tidak bagi individu yang selalu mobile.

Idealnya tiap handphone (pemakaian normal) minimal dapat dipakai seharian penuh tanpa perlu dicharge, namun mayoritas handphone sekarang hanya mampu bertahan dipakai 6 sampai 7 jam saja. Oleh karena itu supaya dapat memaksimalkan penggunaan baterai tidak ada salah anda mencoba cara berikut.
Tips menghemat baterai Handphone:
1. Kurangi brigthness atau kecerahan cahaya layar.

Layar LCD bisa dibilang salah satu sumber yang paling utama menguras baterai, untungnya hal ini bisa diakali dengan mengurangi tingkat kecerahan layar (brightness). Di beberapa hp smartphone seperti BlackBerry dan Android akan dapat menghemat 30-40% daya tahan baterai.
2. Tutup applikasi yang berjalan di background.

Aplikasi yang tidak dipakai namun masih berjalan di belakang layar akan terus menerus menggunakan baterai. User seringkali setelah menggunakan applikasi lupa menutupnya atau merasa sudah di-close namun sebenarnya hanya me-minimize (dengan menekan tombol back / home). Jadi
3. Matikan Wifi, Bluetooth, NFC bila tidak terpakai

Fitur Wifi, Bluetooth dan NFC meskipun tidak dipakai tetap akan menyedot kapasitas baterai hp bila kondisinya aktif. Jadi pastikan anda menonaktifkannya setelah selesai menggunakannya.
4. Set koneksi jaringan seluler menjadi manual

Bila anda berada dilokasi yang memiliki sinyal 3G tidak stabil, dimana tiap beberapa menit secara otomatis melompat dari 3G menjadi EDGE / GPRS. Maka sebaiknya set sinyal jaringan menjadi EDGE/GPRS saja.
5. Upgrade firmware / OS

Kadangkala daya tahan baterai yg singkat ternyata disebabkan oleh firmware (OS) yang bermasalah. Ini sangat mungkin terjadi apalagi bila anda membeli hp keluaran terbaru. Dalam beberapa minggu / bulan para vendor biasanya akan merilis update firmware yang lebih baik, jadi tidak ada salahnya anda mengupgrade OS yang anda miliki.

Bila tips menghemat baterai diatas masih belum cukup, mungkin sobat bolg haztak perlu mempertimbangkan untuk membeli baterai extended (lebih besar) atau memiliki baterai cadangan.


Artikel Terkait:

2 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah Dengan Sopan ...Tombol G+1 nya di klik yah ada di dekat judul paling atas Makasih