14

Cara Mudah membuat Pantun

Sabtu, 10 Mei 2014

Cara Mudah membuat Pantun - Oke perkenalkan saya haztak anak sederhana admin blog ini dan hanya saya yang admin Yo dawg. Sudah beberapa bulan saya tidak update artikel hohoho jadinya ini blog visitornya turun plus rankingnya di google juga.Tidak apalah intinya sekarang saya mau update pastikan sobat menyiapkan kopi, seperti judulnya karna kita akan membahas soal pantun.

Apa sih itu pantun ? yaelah jaman sekarang masa gak tau pantun, ituloh yang kayak adat betawi haha saya juga tidak tau, Pasti sobat bertanya tanya ini mau share cara membuat pantun apa mau curhat sih? haha ya ini mau jelasin dulu mas bro jangan langsung share pantun aja gak ada pembukanya.

oke sekarang kita serius pantun itu kalau anak sekolahan pasti dapat deh apa lagi pelajaran bahasa indonesia dari SD pasti udah di ajarin. Tapi cara buatnya kalian tentu tidak tau kan? oke mari kita kupas lebih dalam saya rasa pembukanya udah cukup :v

Untuk membuat sebuah pantun, lebih baik kita buat dulu isinya. Baru setelah itu, kita buat sampirannya. bingun yah? apa itu isi dan sammpiran, yaelah kamu ini pelajar apa bukan sih haha gitu aja tidak tahu nih contoh Isi dari pantun

...........................
...........................
Kalau ingin naik kelas
Maka harus rajin belajar

udah taukan sobat blog haztak? Setelah mendapatkan isi, maka tinggal menyusun kata kata untuk sampirannya. ingat, sejak pantun adalah ab ab. Maka kita harus mencarri huruf akhir kalimat sampirannya yang sama dengan kalimat isi.

Contoh : Pada isi kata akhir baris pertama KELAS huruf akhirannya S , maka kita pun haru mencari kata yang huruf akhiranya juga S , misalnya GELAS , Misalnya GELAS. Kemudian carilah kalimat yang ada hubungannya dengan gelas.

Sampirannya : 

Mau minum pakailah gelas 
Minumlah segelas air tawar
...........................
...........................


 kan dah dapat tuh sampiran dan isinya kita tinggal gabungin jadi satu dengan posisi sampiran berada di atas isi. Maka jadilah Pantun berbunyi,

Mau minum pakailah gelas 
minumlah segelas air tawar
kalau ingin naik kelas 
maka harus rajin belajar


Baiklah itulah sedikit penjelasan saya pada pertemuan kali ini sobat, jangan lupa kasi jempolnya dengan koment atau promosi blog ini ;)