Saturday, January 26, 2013

Manfaat Protein Bagi Tubuh

Sebagai salah satu gizi yang sangat dibutuhkan oleh manusia, protein sangat penting di masa pertumbuhan. Protein merupakan senyawa polimer organik yang berasal dari monomer asam amino yang mempunyai ikatan peptida. Istilah protein berasal dari bahasa Yunani “protos” yang memiliki arti “yang paling utama”.

Protein memiliki peran yang sangat penting pada fungsi dan struktur seluruh sel makhluk hidup. Hal ini dikarenakan molekul protein memiliki kandungan oksigen, karbon, nitrogen, hydrogen, dan sulfur. Sebagian protein juga mengandung fosfor.

 
 
Protein pertama kali ditemukan pada tahun 1838 oleh Jons Jakob berzelius.Protein adalah salah satu biomolekul raksasa yang berperan sebaga komponen utam penyusun mkhluk hidup.Protein membawa kode-kode genetik berupa DNA dan RNA.

Beberapa makanan yang dapat menjadi sumber protein adalah : daging,telur,ikan,susu,biji-bijian,kentang,kacang,dan polong-polonganProtein juga terbagi menjadi dua, yakni protein nabati dan hewani. Keduanya sama pentingnya bagi tubuh.

Protein hewani adalah protein yang berasal dari hewan. Bahan makanan yang mengandung protein ini diantaranya adalah daging, telur, dan susu hewan. Sedangkan protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuhan, seperti buah-buahan dan kacang.

Seorang Biokomoawan USA dan juga Profesor untuk biokimia di Yale bernama Thomas Osbome Lafayete Mendel pernah melakukan pecobaan protein kepala kelinci pada tahun 1914.Sekelompok kelinci diberi makanan protein hewani.Kelompok lain diberi makanan protein nabati.hasil dari eksperomen ini adalah kelinci yang diberi protein hewani beratnya bertambah lebih cepat daripada kelinci yang diberi makanan berprotein nabati

Studi yang lain dilakukan oleh seorang peneliti bernama McCay dari Universitan Berkeley.Percobaan yang dilakukannya menunjukan bahwa kelinci yang diberi makanan protein nabati dapat hidup lebih sehat dan hidup dua kali lebih lama dari yang lain.

Manfaat protein bagi tubuh kita sangatlah banyak.Protein sangat memperngaruhi proses pertumbuhan kita.Diantara manfaat protein tersebut adalah sebagai berikut :


1.Sebagai enzim.Protein memiliki peranan yang besar untuk mempercepat reaksi biologis.

2.Sebagai alat pengangkut dan penyimpan.Protein yang terkandung daam hemoglobin dapat mengangkut oksigen dalam eritrosit.Protein yang terkandung dalam mioglobin dapat mengangkut oksigen dalam otot.

3.Untuk penunjang mekanis.Salah satu protein yang berbentuk serabut yang disebut kolagen memiliki fungsi untuk menjaga kekuatan dan daya tahan tulang dan kulit.

4.Sebgai pertahanan tubuh dan imunisasi pertahanan tubuh.Proteun ini biasa digunakan dalam bentuk antibodi.

5.Sebaga Media perambatan impuls syaraf.

6.Sebagai pengendalian pertumbuhan.Jika kekurangan protein,bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan pada anak-anak.

7.Membentuk jaringan pada tubuh dengan kandungan asam aminonya.

8.Mencegah penyakit kwashiorkor dan marasmus.Dimana kedua penyakit ini diakibatkan oleh kekurangan protein.

9. Asupan protein yang cukup juga dapat membantu dalam proses penyembuhan luka, regenerasi sel hingga mengatur kerja hormon dan enzim dalam tubuh.

 Thanks PolaHidupSehatku By Haztak Blog

3 comments:

  1. nice postingan sob,,,benar protein bisa juga memperbesar otot tubuh melalui regenerasi sel & pembentukannya dengan olahraga ^_^

    salam blogger indonesia
    http://kevinakbarcitizen.blogspot.com

    ReplyDelete

Berkomentarlah Dengan Sopan ...Tombol G+1 nya di klik yah ada di dekat judul paling atas Makasih